Kamis, 19 Agustus 2010

Identitas baru

Minggu kemaren saya periksa kehamilan untuk yang pertama
Sendiri saja karena jam praktek dokter sangat tak strategis yaitu jam di mana para buruh diharuskan bekerja
Jam 4 sore tepat saya sampai di loket pendaftaran
Karena sebagai pasien baru, saya harus mengisi blangko informasi pasien
Jam 5 sore saya pulang ke rumah
Malamnya saya buka-buka tas kerja saya dan menemukan kartu pasien saya yang baru tadi sore saya peroleh
Ahhhh saya tersenyum sendiri
Di situ tertulis nama lengkap saya....
Ya...hanya nama lengkap saya!!!!!

Dulu...waktu saya mengandung anak pertama saya, di kartu pasien saya tertulis gabungan antara nama saya dan suami
Apa yang terjadi????

Saya ingat-ingat lagi kejadian apa ya yang sudah membuat saya tanpa sadar mengganti nama saya?
Ahhh akhirnya saya menemukan....walau hanya sebagian kecil saja
Setelah menikah...saya merasa satu bagian dengan suami
Ya apa-apa harus berbagi...entah itu tugas, nama, atau keputusan
Tapi tu kan mau saya
Di kenyataannya kan tidak bisa seperti itu
Suami dengan banyak kesibukan dan kepentingan pasti berjalan sendiri
Lha kalau saya diam saja sambil tetap memegang prinsip saya wahhh apa jadinya jalan saya?
Makanya saya maju sendiri...
apa yang bisa saya perbuat ya saya lakukan
Apa yang dirasa berat ya sebisa mungkin saya imajinasikan menjadi enteng dan menggembirakan
Hal tersebut terjadi berulang-ulang sehingga membuat suatu pola yang tanpa saya sadari telah mengendap menjadi jiwa saya dan menyatu menjadi panduan hidup saya
Saya menjadi seperti "merepotkan" suami saya jika saya meminta bantuan beliau
Mandiri? Saya rasa bukan!!!!
Mandiri yang dipaksakan? Saya ikhlas kok menjalaninya!!

Ada beberapa teman kerja yang kemana-mana harus didampingi oleh suami tercinta, bahkan periksa anak yang panas tinggi pun harus menunggu suami pulang dari kantor
Ahhh saya tidak bisa seperti itu
Terlalu mandiri??? Saya rasa bukan!!!
Tidak menghargai suami?? Saya tegaskan tidak!!!

Saya hanya berani mengambil keputusan
Jika sebuah kapal tidak ada nahkoda atau sang nahkoda sedang capek atau sibuk dengan urusan lain, apa sang kelasi diam saja menunggu perintah?
Ya kalau lautan aman sentosa....lha kalau ada ombak tinggi menerjang?
Demikian juga dengan saya...
Bukannya saya mengabaikan peran suami saya
Namun karena saat-saat saya membutuhkan beliau dan beliau sedang berhalangan hadir...ya saya unjuk gigi dan keberanian untuk mengembangkan layar

Keberanian...
Pertama kali maju sendiri...saya merasakan ketakutan yang luar biasa
Saya paksa tubuh, jiwa, dan mental saya untuk maju
Akhirnya saya bisa...

Sekali lagi...
saya tetap perempuan yang membutuhkan pria di samping saya yang siap memanjakan saya
saya juga bukan mandiri tapi saya mencoba berani :))
Akhirnya saya mengucapkan dengan bangga atas prestasi saya yang kecil ini:

Selamat atas identitas baru yang sempat hilang!! :))

2 komentar: